PENGEMBANGAN MEDIA UTARI KALA DATANG (ULAR TANGGA CERITA RAKYAT DAN LAGU DAERAH TEMPAT TINGGALKU) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Akhiroh, Zuhrotul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA UTARI KALA DATANG (ULAR TANGGA CERITA RAKYAT DAN LAGU DAERAH TEMPAT TINGGALKU) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206014-ZUHROTUL AKHIROH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206014-ZUHROTUL AKHIROH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206014-ZUHROTUL AKHIROH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206014-ZUHROTUL AKHIROH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206014-ZUHROTUL AKHIROH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206014-ZUHROTUL AKHIROH-BAB 5.pdf

Download (659kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan
motivasi belajar pada diri siswa, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar
kognitif pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Rendahnya hasil belajar kognitif
siswa kelas IV Sekolah Dasar diakibatkan oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu
kurangnya penggunaan media pembelajaran, terutama media dalam bentuk
permainan. Mengetahui permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media
UTARI KALA DATANG (Ular Tangga Cerita Rakyat dan Lagu Daerah Tempat
Tinggalku) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV Sekolah
Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kevalidan
dan kelayakan media UTARI KALA DATANG (Ular Tangga Cerita Rakyat dan
Lagu Daerah Tempat Tinggalku) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa
kelas IV Sekolah Dasar, 2) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas
IV Sekolah Dasar setelah diterapkan media UTARI KALA DATANG (Ular
Tangga Cerita Rakyat dan Lagu Daerah Tempat Tinggalku).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D
(Research and Development). Penelitian ini dilakukan berdasarkan tahapan model
Borg and Gall, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain
produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi produk, 6) uji coba produk, 7) revisi
produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk. Instrumen yang digunakan yaitu
lembar observasi, wawancara, angket, dan soal evaluasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil validasi ahli materi menunjukan presentase 92,5% dengan keterangan
sangat valid. Hasil validasi media menunjukan presentasi 97,55% dengan
keterangan sangat valid. Kelayakan media berdasarkan hasil angket respon siswa
pada uji coba kelompok kecil sebesar 88,5% dan kelompok besar sebesar 78,6%,
semua masuk dalam kategori sangat baik dan baik. Media UTARI KALA
DATANG (Ular Tangga Cerita Rakyat dan Lagu Daerah Tempat Tinggalku)
dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Peningkatan hasil belajar kognitif
siswa kelas IV Sekolah Dasar diperoleh dari hasil perhitungan uji gain (N-Gain).
Hasil uji gain pada uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 0,74 dan
kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 0,82. Klasifikasi dari hasil perhitungan
uji gain pada kelompok kecil dan kelompok besar masuk dalam kategori tinggi,
artinya hasli belajar kognitif siswa kelas IV Sekolah Dasar meningkat setelah
menggunakan media UTARI KALA DATANG (Ular Tangga Cerita Rakyat dan
Lagu Daerah Tempat Tinggalku).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, UTARI KALA DATANG (Ular Tangga Cerita Rakyat Dan Lagu daerah Tempat Tinggalku), hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 06:27
Last Modified: 27 Feb 2025 06:27
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item
View Item