PENGARUH KECERDASAN EMOSlONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KlNERJA GURU SMK ISLAM GONDANGLEGI

Alfin, Elvani (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSlONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KlNERJA GURU SMK ISLAM GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1873201006-ALFIN ELVANI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1873201006-ALFIN ELVANI-BAB 1.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1873201006-ALFIN ELVANI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1873201006-ALFIN ELVANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1873201006-ALFIN ELVANI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1873201006-ALFIN ELVANI-BAB 5.pdf

Download (287kB)

Abstract

Keberhasilan atau kualitas suatu lembaga atau sekolah dapat dilihat dari
kinerja masing-masing guru di dalamnya. Banyak hal yang dapat
mempengaruhi baik buruknya kinerja, dua diantaranya adalah
kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru. Permasalahan
yang dibahas dalam uji ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan
emosional dan kecerdasan spiritual pada kinerja Guru SMK Islam
Gondanglegi.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional
dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru SMK Islam
Gondanglegi. (Goleman. 2009). Seseorang yang dapat mengontrol
emosinya dengan baik akan menghasilkan kinerja yang baik juga
kemdian Zohar dan Marshall. (2007) Menjelaskan bahwa, Kecerdasan
spiritual adalah perasaan terhubung dengan diri sendiri, orang lain, dan
alam alam semesta secara keseluruhan. Adapun aspek aspek kecerdasan
emosional menurut (Goleman. 200158-59) mengenali perasaan sendiri,
mengenali emosi, memotivasi diri, mengenali perasaan orang lain,
membina relasi dengan orang lain, dan kemampuan membina
hubungan. Aspek aspek dalam kecerdasan spiritual menurut zohar dan
marhsal (2007) kemampuan bersifat fleksibel, tingkat kesadaran tinggi,
kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan,
kualitas hidup, rendah hati dan kecendrungan bertanya. Dan aspek
aspek kinerja menurut Soeprahinto (1996:6) Kualitas, Kuantitas,
kemampuan bekerja sendiri, pemahaman dan pengenalan pekerjaan,
dan kemampuan memecahkan persoalan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 30 responden
guru. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan cara pengamatan
langsung pada yayasan atau lembaga yang bersangkutan, baik melalui
penyebaran kuisioner ke guru. Alat pemeriksaan informasi yang dipakai adalah statistical packagefor social sciences (SPSS) 25.
Hasil dalam penelitian tersebut menjelaskan nilai t hitung variabel
kecerdasan emosional adalah 3,206 lebih besar dari t tabel yaitu 1,703,
dan nilai signifikasi t sebesar 0,003 yang menunjukan lebih kecil dari
0,05. Sedangkan variabel kecerdasan spiritual nilai t hitung adalah
2,920 lebih besar dari t tabel yaitu 1,703 dan nilai signifikasi sebesar
0,007 yang menunjukan lebih kecil dari dari0,05. Berdasrkan hasil
penelitian di atas terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan
kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru Smk Islam Gondanglegi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kinerja Guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 06:28
Last Modified: 27 Feb 2025 06:28
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item
View Item