ANALISA KEPUASAN PENGGUNA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus : SMK Cendika Bangsa)

LILIDIN, IDHA IKFANA MIN AH (2025) ANALISA KEPUASAN PENGGUNA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus : SMK Cendika Bangsa). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-SI-1857201011-IDHA IKHFANA MIN AH LILIDIN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-SI-1857201011-IDHA IKHFANA MIN AH LILIDIN-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-SI-1857201011-IDHA IKHFANA MIN AH LILIDIN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-SI-1857201011-IDHA IKHFANA MIN AH LILIDIN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-SI-1857201011-IDHA IKHFANA MIN AH LILIDIN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-SI-1857201011-IDHA IKHFANA MIN AH LILIDIN-BAB 5.pdf

Download (634kB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam
masa darurat coronavirus disease (Covid-19) menghimbau agar masyarakat maupun penyelenggara pendidikan untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh/daring. Salah satu dampak dari adanya pandemi ini bagi pendidikan yaitu proses pembelajaran yang dilakukan secara online yang memunculkan permasalahan baru untuk menyesuaikan pembelajaran, maka dibutuhkannya sebuah media sistem pembelajaran
online. Salah satu media sistem pembelajaran yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran agar berjalan dengan baik yaitu dengan menerapkannya Learning
Management System (LMS). Learning Management System (LMS) merupakan sebuah platform perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengatur konten
pembelajaran, maka dari itu SMK Cendika Bangsa Kepanjen berupaya memberikan hasil terbaik terutama dalam penggunaan teknologi baru dengan memanfaatkan media
pembelajaran Learning Management System (LMS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna LMS menggunakan metode webqual 4.0.
Objek penelitian adalah website LMS SMK Cendika Bangsa Kepanjen, dan subjek penelitian adalah siswa-siswi SMK Cendika Bangsa Kepanjen, dengan jumlah sampel
sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner. Uji validitas dilakukan dengan metode product moment. Uji reliabilitas
menggunakan rumus Alpha. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah dengan teknik korelasi product moment menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil
penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan. Sedangkan, secara parsial kualitas
kegunaan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan
pengguna dan kualitas layanan interaksi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna serta variabel kualitas informasi merupakan variabel yang
paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Learning Management System, Webqual 4.0, Kualitas Kegunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Interaksi, Kepuasan Pengguna
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 08:05
Last Modified: 27 Feb 2025 08:05
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item
View Item