Maslahah, Wafiyatu and Rofiah, Lailatul (2022) Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Project Based Learning di Dalam Perkuliahan Sejarah Lokal. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau.
Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Project Based Learning.pdf - Supplemental Material
Download (2MB)
Abstract
Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS perlu ditingkatkan kreativitasnya guna menjadikan mahasiswa kreatif dalam menghasilkan suatu proyek. Tujuan penelitian ini yakni 1.) Mengetahui penerapan metode project based learning pada mata kuliah sejarah lokal sebagai upaya meningkatkan kreativitas mahasiswa, 2.) Mengetahui peningkatan kreativitas mahasiswa pada perkuliahan sejarah lokal menggunakan metode project based learning. Mencapai tujuan pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaknu mahasiswa angkatan 2019. Model yang digunakan yakni Kemmis dan Mc Taggart dengan melalukan II siklus dalam penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Diperoleh hasil bahwa penerapan project based learning dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa. Diperoleh skor rata-rata sebelum diterapkan siklus I yaitu 86,6 dengan prosentase 72,2% dan setelah direrapkan siklus I diperoleh rerata 108 dengan prosentasw 90%. Pada siklus II diperoleh rerata yang mencapai 116,6 dengan prosentase 97,5%
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 08:51 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 10:47 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/131 |