Rofiah, Lailatul and Maslahah, Wafiyatu and Anwar, Khoirul (2022) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII A MTS Al Islam Bantur. Universitas Islam Raden Rahmat, Malang.
Peningkatan Hasil Belajar Turnitin Wafiya.pdf - Supplemental Material
Download (1MB)
Abstract
Suatu pembelajaran dinyatakan berhasil apabila sudah tercapainya ketutansan dalam belajar serta tercapainya tujuan pembelajaran. Pada Madrasah tsanawiyah Al- Islam Kecamatan Bantur ketuntasan belajar masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan studi pendahuluan hasil rata-rata nilai ulangan akhir ganjil (UAS) Mata Pelajaran IPS pada kelas VII A tahun ajaran 2020-2021, dari 30 siswa kelas VII A hanya 15 siswa (50%) mendapat predikat tuntas dan 15 siswa (50%) dinyatakan tidak tuntas dari standar KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A Mts-Al Islam pada tahun 2020/2021 semester genap melalui penerapan model pembelajaran picture and picture, dengan target siswa KKM minimal 70% pada siklus pertama dan minimal 85% pada siklus kedua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang sangat menekankan pada proses pembelajaran. Subjek penelitian dalam PTK ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A MTS Al Islam dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh hasil yang menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII A Mts Al Islam dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture. Dengan nilai rata-rata awalnya 76.68 dengan 15 siswa bepredikat tuntas serta presentase ketuntasan 50% mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 80,20 dengan 23 siswa bepredikat tuntas dengan presentase ketuntasan 77% dan pada siklus II nilai rata rata siswa mengalami peningkatan kembali menjadi 82,95 dengan 27 siswa bepredikat tuntas dengan presentase ketuntasan 90%.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 29 Apr 2023 01:49 |
Last Modified: | 29 Apr 2023 01:49 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/145 |