Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran IPS Di SMP Islam Kepanjen.

Wati, Rina and Rofiah, Lailatul and Maslahah, Wafiyatu (2022) Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran IPS Di SMP Islam Kepanjen. Primary Education Journal, 2 (2). pp. 144-151. ISSN 2776-4976

[thumbnail of PEER REVIEW ANALISIS STRATEGI.pdf] Text
PEER REVIEW ANALISIS STRATEGI.pdf - Supplemental Material

Download (469kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pembelajaran IPS dan strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPS di SMP Islam Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPS di Smp Islam Kepanjen sudah bermutu karena fasilitas pembelajaran sudah memadai sehingga dapat menunjang proses pembelajaran. Peserta didik sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS dan guru sudah profesional dalam pengajaranya. Strategi yang digunakan guru saat berlangsungnya pembelajaran sudah maksimal, namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Karena dalam proses pembelajaran guru kurang memaksimalkan penggunaan fasilitas yang ada. Adapaun strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran IPS di SMP ISLAM Kepanjen yaitu dengan cara memberikan umpan balik setelah guru menyampaikan materi, guru mereview materi yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya, guru menerapkan pembelajaran yang enjoy yakni mengaitkan materi yang disampaikan dengan alam, serta guru memberikan nasehat dan memberikan tindakan kepada peserta didik yang berperilaku kurang baik pada saat berlangsungnya pembelajaran IPS.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 29 Apr 2023 02:10
Last Modified: 29 Apr 2023 02:10
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item
View Item