PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN MATERI MENGARANG KELAS III

Hayati, Nur and Wardhani, Dyah Ayu Pramoda PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN MATERI MENGARANG KELAS III. ELEMENTA: JURNAL PGSD STKIP PGRI BANJARMASIN.

[thumbnail of 2019_Peneraapan Pembelajaran Berbasis Gambar Seri.pdf] Text
2019_Peneraapan Pembelajaran Berbasis Gambar Seri.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media gambar seri yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 02 Rejoyoso tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Rata-rata keterlaksanaan guru dan siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 76,25%, pertemuan 2 meningkat 90%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 95%, pertemuan 2 meningkat 96%. Rata-rata keaktifan siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 87%, dan meningkatkan keaktifan siswa menjadi 89,2% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 02 Rejoyoso Bantur Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 22 May 2023 02:48
Last Modified: 22 May 2023 02:49
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item
View Item