Astikasari, Rani and Wardhani, Dyah Ayu Pramoda (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN DIAGRAM BATANG MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. PRIMARY EDUCATOIN JOURNAL, 1 (2). pp. 72-80. ISSN 2776-4796
2021_Pengembangan Media Pop Up Book.pdf - Published Version
Download (321kB)
Abstract
Pembelajaran yang cenderung konvensional dan kurangnya pemanfaatan media pada materi diagram batang
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar pop-up book pada materi diagram batang
matematika kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research
and development) dengan model Borg & Gall dengan menggunakan 4 tahapan, yaitu: tahap pengumpulan data, tahap
perencanaan, tahap pengembangan produk, serta tahap validasi dan uji coba. Instrumen yang digunakan merupakan
lembar validasi kelayakan media, angket motivasi belajar siswa, dan angket respon siswa. Hasil validasi yang diperoleh
dari ahli materi 76,47% kualifikasi valid dan tidak revisi, ahli media mencapai 98,46% kualifikasi sangat valid dan tidak
revisi. Angket motivasi belajar kelompok kecil mendapatkan persentase 78,5% dengan kategori Tinggi. Kelompok
terbatas sebelum penggunaan media memperoleh persentase 46,25% dengan kategori Sedang, setelah penggunaan media
memperoleh persentase 78,5% dengan kategori Tinggi. Adapun hasil tanggapan angket respon siswa terhadap media pada
kelompok kecil mendapatkan persentase 86% kategori sangat baik, tanggapan angket respon siswa kelompok terbatas
mendapatkan persentase 89,5% kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book
materi diagram batang matematika yang telah dikembangkan layak dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 May 2023 06:43 |
Last Modified: | 22 May 2023 06:43 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/195 |