Habibah, Umi and Wardhani, Dyah Ayu Pramoda (2019) CEK PLAGIASI "PENGARUH PENGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1". STKIP PGRI BANJARMASIN.
2019_PENGARUH PENGUNAAN MEDIA REALIA-PAPER 6.pdf - Supplemental Material
Download (3MB)
Abstract
Kurangnya penggunaan media pada proses pembelajaran menyebabkan pemahaman siswa sangat rendah terhadap pelajaran yang disampaikan, hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu media yang bisa membantu guru untuk mengantarkan pesan pembelajaran yaitu media realia. Media realia adalah semua media nyata di dalam ruang kelas, tetapi dapat digunakan sebagai suatu kegiatan observasi pada lingkungan. Adanya media realia maka siswa akan lebih tertarik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengetahui (1)Apakah penggunaan media realia berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas 1. (2)Seberapa besar pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas 1. Metode penelitian menggunakan quasi experiment. Teknik pengumpulan data melalui observasi (angket), test dan dokumentasi. Penelitian ini menilai aspek kognitif yang mengunakan instrumen berupa test (pre-test dan post-test). Populasi penelitian adalah siswa kelas 1a dan 1b SDN 1 Kemantren Tahun Ajaran 2019 sejumlah 59 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu media realia, variabel terikat yaitu hasil belajar tematik. Teknik analisis data yang diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis Independent T-test dengan bantuan IBM Statistik v.21. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui uji prasyarat nilai rata-rata kelas eksperimen (media realia) sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar (buku tema). Data yang diperoleh melalui uji hipotesis T-test thitmg sebesar 0,000 dan ttabel 0,206 berarti thitung< ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya proses belajar dengan menggunakan media realia pada pembelajaran tematik mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar siswa signifikan yakni sebesar 13.8 atau 19%. Penelitian ini membantu peneliti mengetahui bahwamedia realia adalah salah satu media pembelajaran yang efektif dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 May 2023 08:46 |
Last Modified: | 22 May 2023 08:46 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/216 |