Ningrum, Fiti Edi and Wardhani, Dyah Ayu Pramoda CEK PLAGIASI ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING. Indikta (Jurnal Inovasi Pendidikan).
2019_Ananlisis kesalahan siswa SD.pdf - Other
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam memecahkan masalah di kelas III SD Negeri 2 Sumberejo dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung bilangan cacah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa. Berdasarkan hasil tes, diambil 3 siswa dari subjek berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Instrumen penelitian yaitu tes yang berupa soal uraian dengan materi operasi hitung bilangan cacah, kemudian dilakukan wawancara dan scaffolding. Dari hasil tes tersebut dilakukan analisis dan penarikan kesimpulan, lalu diberikan scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan rendah yaitu kesalahan konsep berupa kurangnya memahami isi yang ada pada soal, dan kesalahan prosedur berupa siswa tidak menyelesaikan sampai hasil akhir, memecahkan masalah soal cerita tidak dilakukan dengan baik sehingga berpengaruh terhadap hasil jawaban yang diperoleh. Jenis kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan sedang yaitu kesalahan konsep dan kesalahan prosedur. Jenis kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan tinggi yaitu kesalahan prosedur berupa siswa kurang tepat saat menghitung hasil akhir. Cara pemberian scaffolding kepada anak berkemampuan rendah dan sedang dengan cara peninjauan kembali, penjelasan, dan penguatan. Sedangkan anak berkemampuan tinggi pemberian scaffolding dengan cara penguatan saja.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | WARDHANI DYAH AYU PRAMODA |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:36 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/218 |