CEK PLAGIASI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN MATERI MENGARANG KELAS III

Hayati, Nur and Wardhani, Dyah Ayu Pramoda CEK PLAGIASI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN MATERI MENGARANG KELAS III. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, STKIP PGRI Banjarmasin.

[thumbnail of CEK PLAGIASI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAMBAR SERI] Text (CEK PLAGIASI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAMBAR SERI)
2019_PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA GAMBAR SERI-PAPER 4.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran
menggunakan media gambar seri yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 02 Rejoyoso tahun
pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain
penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc
Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Rata-rata keterlaksanaan guru dan
siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 76,25%, pertemuan 2 meningkat 90%. Sedangkan
pada siklus II pertemuan 1 sebesar 95%, pertemuan 2 meningkat 96%. Rata-rata
keaktifan siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 87%, dan meningkatkan
keaktifan siswa menjadi 89,2% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keaktifan siswa
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 02 Rejoyoso Bantur Tahun
Ajaran 2018/2019.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: WARDHANI DYAH AYU PRAMODA
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:36
Last Modified: 12 Jul 2023 01:36
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item
View Item