CEK PLAGIASI PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG SISWA KELAS I SD NEGERI 2 REJOYOSO

laila, Ulfatul and Wardhani, Dyah Ayu Pramoda CEK PLAGIASI PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG SISWA KELAS I SD NEGERI 2 REJOYOSO. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, STKIP PGRI Banjarmasin.

[thumbnail of CEK PLAGIASI PENERAPAN PEMBELAJARAN RME] Text (CEK PLAGIASI PENERAPAN PEMBELAJARAN RME)
2019_PENERAPAN PEMBELAJARAN RME-PAPER 5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman Berhitung dengan
menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Educationpada siswa kelas I
SD Negeri 2 Rejoyoso Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas,melalui beberapa tahapan yaitu: 1) tahap perencanaan 2)
tahap pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu menggunakan observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan.Teknik
analisis data menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus yang terdiri dari 4 pertemuan, hasil belajar yang diperoleh pada siklus I
pertemuan pertama nilai rara-rata 74,75% dari seluruh siswa, pertemuan kedua siklus I
nilai rara-rata 79,68% dari seluruh siswadan hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan
pertama mendapat nilai rata-rata 82,11% dari seluruh siswa, pertemuan kedua mendapat
nilai rara-rata 90,58% dari seluruh siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan model Realistic Mathematics Educationdalam pembelajaran
Matematika dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 2 Rejoyoso.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: WARDHANI DYAH AYU PRAMODA
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:36
Last Modified: 12 Jul 2023 01:36
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item
View Item