CEK PLAGIASI "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SDN 5 JATIGUWI"

Hidayati, Hanik and Wardhani, Dyah Ayu Pramoda (2022) CEK PLAGIASI "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SDN 5 JATIGUWI". STKIP PGRI Bandar Lampung.

[thumbnail of cek plagiasi   PENERAPAN METODE ROLE PLAYING  UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN  PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SDN 5 JATIGUWI] Text (cek plagiasi PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SDN 5 JATIGUWI)
2022_Penerapan Metode Role Playing.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan belajar
siswa melalui metode Role Playing pada mata pelajaran IPS materi proklamasi
kemerdekaan di SDN 5 Jatiguwi. Penelitian ini perlu dilakukan karena keaktifan
belajar siswa masih kurang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa.
Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua
pertemuan, setiap akhir siklus dilakukan refleksi sebelum melanjutkan ke siklus
berikutnya. Intrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi
observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pencapaian apabila jumlah keaktifan
siswa mencapai 75% dari jumlah indikator yang sudah dirumuskan dan hasil
observasi aktivitas guru dan siswa mencapai 75% dari jumlah keseluruhan aktivitas
pembelajaran. Data yang sudah diperoleh pada setiap tahapan penelitian dianalisis
secara kuantitatif dan kualitatif. Hal ini ditunjukan dari hasil keaktifan siswa pada
siklus I, 30% siswa tuntas dan 70% siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata 66.
Berdasarkan lembar keterlaksanaan guru dan siswa, pada siklus I pertemuan pertama
keterlaksanaan pembelajaran yang dicapai guru 90% dan siswa 85%. Sedangkan pada
siklus I pertemuan kedua keterlaksanaan pembelajaran yang dicapai guru 93% dan
siswa 86%. Hasil keaktifan siswa pada siklus II, menunjukan 90% siswa tuntas dan
10% siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata 80. Berdasarkan lembar keterlaksanaan
pembelajaran guru dan siswa, pada siklus II yang dicapai oleh guru adalah 100% dan
siswa 95%. Berdasarkan perolehan data tersebut maka penerapan metode Role
Playing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN 5
Jatiguwi. Penerapan metode Role Playing dapat menciptakan pembelajaran IPS yang
menyenangkan bagi siswa, karena siswa akan terlibat aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: WARDHANI DYAH AYU PRAMODA
Date Deposited: 23 May 2023 02:08
Last Modified: 23 May 2023 02:16
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item
View Item