PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Na’im, Ahmad and Oktiningrum, Wuli PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2 (1). pp. 10-20. ISSN 2655-2345

[thumbnail of 3. 2019-DESEMBER-PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD-Jurnal Inovasi Pend Math.pdf] Text
3. 2019-DESEMBER-PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD-Jurnal Inovasi Pend Math.pdf - Published Version

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Sumberejo Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT dan 20 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Hasil uji Independent Sample t Test menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari tabel. Jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Pengaruh tersebut terlihat pada selisih nilai rata-rata kedua kelas, dimana kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 53,6 sedangkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 63,8. Hasil angket juga menunjukkan bahwa siswa setuju terhadap penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas mereka.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 May 2023 04:52
Last Modified: 23 May 2023 04:52
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item
View Item