PEER REVIEW "PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS BERBASIS BUDAYA JAWA TIMUR UNTUK MENGUKUR PENALARAN SISWA SD"

Alfiatin, Aina Lutfi and Oktiningrum, Wuli PEER REVIEW "PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS BERBASIS BUDAYA JAWA TIMUR UNTUK MENGUKUR PENALARAN SISWA SD". Universitas PGRI Palembang.

[thumbnail of PR pengembangan soal.pdf] Text
PR pengembangan soal.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika tipe HOTS yang valid dan praktis yang dapat digunakan untuk mengukur penalaran siswa. Pengembangan soal HOTS ini dibuat dengan menggunakan beberapa konteks budaya dari berbagai daerah Jawa Timur, diantaranya daerah Nganjuk, Jawa, Malang, dan Madura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah model pengembangan tipe formative research Tessmer, yaitu preliminary dan tahap formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, prototyping (expert review, one-to-one, dan small group), serta field test. Subjek pada one to one sebanyak 3 siswa kelas V Imam Bonjol, subjek pada small group sebanyak 6 siswa kelas V Imam Bonjol, dan subjek pada field test sebanyak 28 siswa kelas V Diponegoro SD Sunan Giri Ngebruk. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh instrumen tes yang valid, dengan kriteria tinggi yaitu 4,33 dan reliabel dengan kriteria tinggi yaitu nilai 0,85. Hasil rata-rata tingkat kesukaran soal 0,67 dengan kategori sedang, dan hasil rata-rata daya pembeda 0,34 dengan kategori baik. Dari field test, hasil rata-rata kemampuan penalaran siswa 67,85 dengan kategori cukup., terdapat 7 siswa (25%) memiliki kemampuan penalaran sangat baik, 7 siswa (25%) memiliki kemampuan penalaran baik, 3 siswa (10,71%) memiliki kemampuan penalaran cukup, dan 11 siswa (39,29%) memiliki kemampuan penalaran kurang.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 May 2023 06:25
Last Modified: 26 May 2023 07:54
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item
View Item