PEMBELAJARAN PERSEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DOWNLOAD BAR PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Oktiningrum, Wuli (2021) PEMBELAJARAN PERSEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DOWNLOAD BAR PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar |, 13 (1). pp. 59-65. ISSN 2579-5457

[thumbnail of 5. 2021-JANUARI-PEMBELAJARAN PERSEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DOWNLOAD BAR- EDUHUMANIORA.pdf] Text
5. 2021-JANUARI-PEMBELAJARAN PERSEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DOWNLOAD BAR- EDUHUMANIORA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 179 Palembang, dengan tujuan mengetahui pemahaman siswa pada materi persen dengan menggunakan media download bar. Subjek pada penelitian ini sebanyak 28 siswa dengan kemampuan yang heterogen. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Design Research dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini telah memenuhi lima karakteristik RME yaitu penggunaan laptop, computer dan download di internet (using of context), gambar bar download (penggunaan model), kegiatan pada LKK (pupil’s own creations and contributions), presentasi dan diskusi kelompok (interactivity) dan masalah merubah pecahan kedalam bentuk persen (intertwining). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa telah mampu menyelesaikan soal persen dengan menggunakan media download bar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 May 2023 08:22
Last Modified: 24 May 2023 08:22
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item
View Item