Mengukur Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Media Statflash

Oktiningrum, Wuli and Ramadhani, Annisa Syaidatul (2022) Mengukur Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Media Statflash. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 5 (1). pp. 100-108. ISSN 2655-2345

[thumbnail of 2. a2022 - DESEMBER - INDIKTITA - MEDIA STAFLASH.pdf] Text
2. a2022 - DESEMBER - INDIKTITA - MEDIA STAFLASH.pdf - Published Version

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi numerasi siswa kelas 5 sekolah dasar dengan mengetahui kevalidan dan kelayakan media, kepraktisan media, dan peningkatan kemampuan literasi numerasi dengan media yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Gampingan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan produk berupa media Statflash (Statistic Flash) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembagan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif dengan perhitungan validasi ahli, pre-test, post-test, dan uji gain score. Hasil keseluruhan validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 92,5% dan hasil validasi ahli media sebesar 96,25% artinya media layak dan valid untuk digunakan. Hasil pre-test dan post-test untuk kelompok besar dan kecil membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasi uji gain score. Hasil uji gain score pada kelompok kecil sebesar 0,92 dan kelompok besar sebesar 0,90 dengan kriteria tinggi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 May 2023 03:34
Last Modified: 26 May 2023 03:34
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item
View Item