Wardhani, Dyah Ayu Pramoda and Oktiningrum, Wuli Peer Review "PENGEMBANGAN SOAL AKM BERMUATAN ETHNOMATEMATIKA DENGAN MEDIA CANVA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR". Universitas Muhammadiyah Metro.
PR pengembangan soal AkM.pdf - Supplemental Material
Download (1MB)
Abstract
Literasi numerasi merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk memahami suatu konsep, prosedur, serta angka – angka matematika untuk menyelesaikan masalah sehari – hari. Maka dari itu, saat ini Pemerintah mulai mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui AKM atau Asessmen Kompetensi Minimum yang dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar hingga menengah atas. Tetapi, hasil lapangan menunjukkan kemampuan tersebut belum dikuasi sepenuhnya oleh siswa karena banyak factor, diantaranya adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang masih belum berkembang, guru jarang sekali memberikan latihan soal yang mengasah kemampuan tingkat tinggi dan kemampuan numerasi, serta kurang bervariasinya media dalam mengemas soal – soal latihan untuk siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dirancang untuk menghasilkan instrument soal AKM bermuatan ethnomatematika dengan media canva bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi numerasi siswa serta untuk memberikan wawasan budaya Indonesia kepada siswa melalui soal yang dikerjakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan 100 siswa kelas 5 sekolah dasar se – Kabupaten Malang. Tahap analisis dimulai dari isi, konteks, dan proses kognitif. Pada tahap desain, peneliti merancang pertanyaan esai berdasarkan konten, konteks, dan AKM berbasis proses kognitif. Validitas berasal dari evaluasi empiris validasi dan uji reliabilitas kelompok kecil. Tahap implementasi menunjukkan bahwa pertanyaan memiliki dampak potensial pada kemampuan literasi numerasi siswa. Bagian terakhir, tahap evaluasi menunjukkan jika siswa perlu meningkatkan keterampilan literasi numerasi siswa untuk menghadapi era revolusi 4.0
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 May 2023 08:26 |
Last Modified: | 26 May 2023 08:26 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/306 |