Etika Pelayanan Publik di Indonesia

Bisri, Mashur Hasan and Asmoro, Bramantyo Tri (2019) Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1 (1): 5. pp. 59-76. ISSN 2657-1714

[thumbnail of Pak Hasan 10 (1).pdf] Text
Pak Hasan 10 (1).pdf - Published Version

Download (382kB)

Abstract

Pelayanan publik adalah segala kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai hak
dasar setiap warga negara dan penduduk atas suatu barang, jasa dan / atau pelayanan
administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan yang terkait dengan kepentingan
publik. Masyarakat sebagai pelanggan memiliki kebutuhan dan harapan pada kinerja
penyelenggara pelayanan publik yang profesional. Tugas Pemerintah Pusat maupun
Pemerintah Daerah adalah memberikan pelayanan publik yang mampu memuaskan
masyarakat. Implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah di Indonesia
mengakibatkan pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab dan kewenangan dalam
menentukan standar pelayanan minimal. Permasalahan mendasar dalam proses pelayanan
publik di Indonesia adalah tentang etika. Tidak ada standar universal tentang norma atau etika
serta sanksi yang mengatur secara khusus untuk pelanggaran yang dilakukan aparat dalam
pelayanan publik.

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:21
Last Modified: 12 Jan 2024 03:58
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item