Perbandingan Motivasi Belajar Peserta Didik Laki-Laki dan Perempuan Tingkat SLTP

Fanani, Achmad Rizqi and Zuhroh, Luthfiatus (2023) Perbandingan Motivasi Belajar Peserta Didik Laki-Laki dan Perempuan Tingkat SLTP. Psikodinamika : Jurnal Literasi Psikologi, 3 (1): 5. pp. 47-62. ISSN 2775-2860

[thumbnail of Bu Lutfi 8.pdf] Text
Bu Lutfi 8.pdf - Published Version

Download (833kB)

Abstract

Para pengajar SLTP berpendapat prestasi belajar peserta didik perempuan lebih tinggi
dibanding peserta didik laki-laki dikarenakan motivasi belajar para siswilebih tinggi dari pada
siswa. namun apakah benar demikian bahwa motivasi belajar peserta didik perempuan lebih
tinggi dibanding peserta didik laki-laki. Penelitian inibermaksud guna mengetahui tingkat
perbedaan motivasi belajar peserta didik ditinjau berdasarkan gender. Menggunakan metode
penelitian komparatif, uji Mann Whitney, distribusi tingkat kecendurungan dan kelas
interval untuk melakukan perbandingan, manakah variabel yang labih tinggi dan lebih
rendah. Pada akhirnya diperoleh sebuah konklusi tak ada perbedaan yang signifikan pada hasil
penelitian motivasi belajar. Perbandingan rata-rata nilai yang didapat oleh murid laki-laki
ataupun murid perempuan juga menunjukkan bahwa siswa lebih unggul hanya selisih 1
frekuensi saja. Kebanyakan tingkat motivasi belajar peserta didik berada ditingkatan
menengah.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:36
Last Modified: 12 Jan 2024 08:36
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item
View Item