MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE VATK (VISUAL, AUDIO, TAKTIL, KINESTETIK) PADA ANAK KESULITAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Zuhroh, Luthfiatus and Nugrahani, Rizka Febria (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE VATK (VISUAL, AUDIO, TAKTIL, KINESTETIK) PADA ANAK KESULITAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. IMEIJ : Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4 (3). pp. 1854-1860. ISSN 2808-5078

[thumbnail of Bu Lutfi 13.pdf] Text
Bu Lutfi 13.pdf - Published Version

Download (212kB)

Abstract

Kemampuan membaca awal merupakan kemampuan dasar yang perlu
dimiliki anak agar dapat memahami berbagai pengetahuan. Dalam proses
pembelajaran yang menjadi peran penting adalah metode pembelajaran, penerapan
Metode VAKT adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk
meningkatkan kemampuan membaca awal pada siswa kelas awal Sekolah Dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode VAKT terhadap
peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kesulitan membaca di
Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa di Sekolah Dasar. Penelitian
ini menggunakan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 6
orang. Perlakuan yang diberikan kepada subjek adalah penerapan metode
VAKT. Metode analisis data yang digunakan dengan teknik nonparametrik
(Wilcoxon). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode VAKT
dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kesulitan memabaca di
SD, peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa yang kesulitan
membaca, diperoleh nilai Z -2,214. Nilai signifikansi memperoleh nilai 0,027.
dilihat dari nilai signifikansi 0,027<0,05 artinya terdapat peningkatan
kemampuan membaca dengan metode VATK (Visual, Audio, Taktil, Kinestetik)
pada anak kesulitan membaca di sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 12 Jan 2024 09:31
Last Modified: 12 Jan 2024 09:31
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item
View Item