Cek Plagiasi "Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar"

Syadili, Abil Hasan Asy and Muslihasari, Adzimatnur (2021) Cek Plagiasi "Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar". Universitas Majalengka, Jawa Barat.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar.pdf] Text
Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui kelayakan media Puzzle 3D pembelajaran pada mata pelajaran
IPS Tema 9 Subtema 1 Untuk Meningkatkan Hasil Kognitif Siswa Sekolah Dasa, (2) Mengetahui respon
siswa terhadap media. (3) Mengetahui Hasil Pengembangan Media Puzzle 3D (Pembelajaran Kenampakan
Alam Dan Daratan) Pada Mata Pelajaran IPS Tema 9 Subtema 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian Research and
Development (R&D). Hasil penelitian mnunjukkan bahwa media pembelajaran puzzle 3D layak sebagai
media pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan respon siswa terhadap media Puzzle
3D pada tema 9 subtema 1 materi kenampakan alam daratan dan perairan dinyatakan layak digunakan
sebagai media pembelajaran dengan presentase 82% untuk ahli materi dan 74% untuk ahli media dan
melakukan revisi perbaikan yang telah disarankan oleh validator ahli media dan materi. Pengembangan
media Puzzle 3D pada tema 9 subtema 1 mata pelajaran IPS materi kenampakan alam daratan dan
perairan ini dilakukan dengan tahap penelitian meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpula data,
desain produk, validasi dan uji coba, revisi produk, uji coba, serta menggunakan angket respon siswa guna
mengetahui kelayakan media. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat meningkatkan hasil belajar
kognitif siswa. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.
Hasil peningkatan dari hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat mempunyai nilai 73%.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 13 Jan 2024 04:24
Last Modified: 13 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item
View Item