Ulum, Miftakhul and Nafisa, Adita (2024) Literasi Buku Bacaan Guna Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 6 Indralaya Sumatera Selatan. Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (1). pp. 20-28.
Literasi Buku Bacaan Guna Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 6 Indralaya Sumatera Selatan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (354kB)
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi melalui literasi di lingkungan sekolah Dasar Negeri 6 Indralaya, Sumatera Selatan. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode ceramah, meringkas, presentasi dan diskusiterhadap peserta didik. Fokus pengabdian ini pada peningkatan kemampuan membaca cepat, membaca teliti, dan memahami bacaan, termasuk peningkatan kosakata baru. Peserta didik sekolah dasar saat ini minim sekali dalam membaca dan memahami sebuah bacaan, namun mereka dituntut untuk dapat memahami literasi dan numerasi pada Assessmen Kompetensi Minimum (AKM). Proses literasi dianggap sebagai usaha untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi AKM. Dengan menerapkan pendekatan yang kompleks, hasil pengabdian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana literasi buku bacaan dapat memberikan dampak positif dan mendukung pencapaian literasi Indonesia di mata dunia. Kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk pengembangan program literasi yang lebih efektif di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | adita nafisa |
Date Deposited: | 16 May 2024 03:48 |
Last Modified: | 16 May 2024 03:48 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/553 |