Implementasi Etika Bisnis Islam terhadap Strategi Pemasaran Pasca Pandemi Covid-19 pada CV. Setia Reksa Amanah

Nurwakhidah, Ana and Zahroh, Aisi Kholilatul Zahro (2023) Implementasi Etika Bisnis Islam terhadap Strategi Pemasaran Pasca Pandemi Covid-19 pada CV. Setia Reksa Amanah. Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Malang.

[thumbnail of Implementasi Etika Bisnis Islam terhadap Strategi Pemasaran Pasca Pandemi Covid-19 pada CV. Setia R.pdf] Text
Implementasi Etika Bisnis Islam terhadap Strategi Pemasaran Pasca Pandemi Covid-19 pada CV. Setia R.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak terjadinya pelanggaran dari para pelaku bisnis yang berusaha
mempertahankan usahanya dengan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hasil yang diharapkan
termasuk dalam menentukan strategi pemasarannya, sehingga mengandung perilaku tidak Etis atau keluar dari
prinsip Etika Bisnis Islam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan strategi pemasaran untuk
mengembalikan eksistensi para pelaku bisnis pasca pandemi Covid-19. Metode pada penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara , dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara
mereduksi data, memaparkan data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) strategi pemasaran yang diterapkan CV. Setia pasca pandemi yaitu menggunakan model bauran
pemasaran 7p yang mencakup product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence, 2) CV.
Setia Reksa Amanah dalam menerapkan strategi pemasarannya sudah sesuai dengan etika bisnis islam, hal ini
dibuktikan dengan sudah terpenuhinya prinsip etika bisnis islam yang diterapkan, yang meliputi prinsip kesatuan,
keseimbangan, kebenaran, tanggungjawab dan kehendak bebas. Namun yang menjadi kekurangan yaitu
terdapat pada prinsip kesatuan, lebih tepatnya pada strategi promosi yang mana dalam promosi melalui media online belum secara maksimal menyampaikan informasi secara detail dan terperinci terkait produk yang
ditawarkan dan hal lain terkait perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, Pacsa Pandemi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Ana NurWakhidah
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:25
Last Modified: 25 Sep 2024 04:25
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item
View Item