PENERAPAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PATRIOTISME SISWA KELAS IX DI SMP AL-AZHAR PAGELARAN

NINGRUM, FITRIYA MULYA TIYA (2025) PENERAPAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PATRIOTISME SISWA KELAS IX DI SMP AL-AZHAR PAGELARAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207005-FITRIYA MULYA TIYA NINGRUM-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207005-FITRIYA MULYA TIYA NINGRUM-BAB 1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207005-FITRIYA MULYA TIYA NINGRUM-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207005-FITRIYA MULYA TIYA NINGRUM-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207005-FITRIYA MULYA TIYA NINGRUM-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207005-FITRIYA MULYA TIYA NINGRUM-BAB 5.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih terdapat beberapa guru yang
kurang tepat dan kurang sesuai dalam menerapkan media pembelajaran. Masih
terdapat guru yang kurang berinovasi. Sehingga menjadikan kurang tercapainya
tujuan pembelajaran IPS. Khususnya Ketika pembelajaran secara daring pada masa
pandemi covid-19. Banyak factor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran
diantaranya : 1) proses pembelajar hanya menerapkan media ppt selebihnya guru
hanya menulis dan menerangkan materi pembelajaran saja pada siswa, 2) pada
proses pembelajaran berlangsung guru hanya memberikan teori-teori dan beberapa
gambar-gambar mengenai materi, 3) siswa masih belum pernah di perlihatkan
seputar film mengenai peristiwa dalam sejarah. Hal itu menyebabkan pembelajaran
masih bersifat abstrak dan guru masih belum maksimal dalam mentransfer nilai atau
sikap. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan media film
dokumenter agar dapat memaksimalkan dalam pentransferan sikap dan nilai dengan
meningkan salah satu sikap yakni sikap patriotisme.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan
media fim dokumenter dapat meningkatkan sikap patriotisme siswa kelas IX pada
mata pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Pagelaran ?. Bagaimana peningkatan sikap
patriotisme siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Pagelaran
melalui penerapan media fim dokumenter ?. Sedangkan tujuannya untuk
mengetahui penerapan media fim dokumenter dapat meningkatkan sikap
patriotisme siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Pagelaran
dan Untuk mengetahui peningkatan sikap patriotisme siswa kelas IX pada mata
pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Pagelaran melalui penerapan media fim
dokumenter.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
dengan pendekatan kuantitatif. Adapun model PTK yang dipakai adalah model
Kemmis dan Mc Taggart, peneliti melaksanakan penelitian melalui dua siklus yaitu
siklus I dan siklus II. Dengan langkah-lagkah sebagai berikut : 1) perencanaan, 2)
pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti
menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan meliputi : wawancara, angket,
lembar observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan media film dokumenter
terbukti dapat meningkatkan sikap patriotisme siswa. hal tersebut dibuktikan Pada
siklus I sebelum diterapkan media film dokumenter diperoleh skor rata-rata yakni
83 dengan prosentase 72% dan untuk rerata yang diperoleh setelah diterapkannya
media film dokumenter yaitu mencapai 108 dengan prosentase 90%. Pada siklus II
mencapai 120 dengan prosentase 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Film Dokumenter, Sikap Patripotisme, dan Pelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:31
Last Modified: 10 Jan 2025 04:31
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item
View Item