PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN APLIKASI SONY VEGAS PRO PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD

UMMAH, CHOLILATUL (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN APLIKASI SONY VEGAS PRO PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206012-CHOLILATUL UMMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206012-CHOLILATUL UMMAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206012-CHOLILATUL UMMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206012-CHOLILATUL UMMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206012-CHOLILATUL UMMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206012-CHOLILATUL UMMAH-BAB 5.pdf

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang oleh situasi dan kondisi pembelajaran saat ini terkait
pembelajaran daring, minimnya penggunaan media pembelajaran serta kurangnya pemahaman
konsep siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 3 Babadan Ngajum. Maka untuk
mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media video pembelajaran tematik dengan
bantuan editing aplikasi sony vegas pro untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R N D) dengan
menggunakan prosedur pengembangan dari Borg And Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah 20
siswa kelas IV SDN 3 Babadan Ngajum. Instrument untuk menguji kelayakan produk adalah
angket. Sedangkan instrument untuk menguji tingkat keefektifan media terhadap pemahaman
konsep siswa adalah soal pretest-posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media video pembelajaran tematik dinyatakan
layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media. Presentase yang diperoleh sebesar 91%
dengan kualifikasi valid dan hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 95% dengan
kualifikasi valid. Sedangkan angket respon siswa memperoleh presentase sebesar 95% dengan
kualifikasi valid pada kelompok kecil dan 93% dengan kualifikasi valid pada kelompok besar. 2)
media video pembelajaran tematik dinyatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep
siswa berdasarkan uji coba lapangan kelompok besar siswa kelas IV SDN 3 Babadan Ngajum.
Skor rata-rata pretest siswa sebesar 54 dengan kategori kurang tuntas dan skor rata-rata posttest
siswa sebesar 74 dengan kategori tuntas. Sedangkan presentase peningkatan belajar siswa secara
klasikal diperoleh sebesar 45%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:55
Last Modified: 11 Jan 2025 02:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item
View Item