PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING BERBASIS KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

NOVITASARI, DEWI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING BERBASIS KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206016-DEWI NOVITASARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206016-DEWI NOVITASARI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206016-DEWI NOVITASARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206016-DEWI NOVITASARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206016-DEWI NOVITASARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206016-DEWI NOVITASARI-BAB 5.pdf

Download (558kB)

Abstract

Latar belakang penelitian karena kurangkan kecakapan siswa dalam
keterampilan berpikir kritis, media pembelajaran untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis belum ada dan guru belum mampu membuat media
pembelajaran sendiri untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti
mengembangkan media digital storytelling berbasis kinemaster untuk
meningkatkan kerempilan berpikir kritis siswa kelas II Sekolah Dasar. Tujuan
penelitian adalah: 1) untuk mengetahui kelayakan, kevalidan media dan
peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media
digital storytelling berbasis Kinemaster di kelas II Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini menggunakan 5 tahap
pengembangan yakni: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.
Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian yang
meliputi: observasi awal, wawancara, angket dan uji peningkatan keterampilan
berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah
memenuhi kelayakan dan persyaratan sebagai media pembelajaran dilihat dari
hasil validasi materi dengan persentase 100% dinyatakan dalam kategori sangat
baik. Pengukuran kelayakan oleh ahli media mencapai persentase 93%,
dinyatakan dalam kategori sangat baik. Angket keterbacaan didapatkan persentase
sebesar 100% dinyatakan dalam kategori sangat baik. Kemenarikan media dalam
aspek hasil program mendapatkan persentase sebesar 98% dinyatakan dalam
kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dari nilai rata
rata pretest 1,60 meningkat dengan nilai rata-rata postest 3,77. Hal ini
menunjukkan bahwa video digital storytelling berbasis Kinemaster dapat
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa II MINU Merah Putih
Donomulyo. Saran penelitian adannya penelitian lebih lanjut pada media digital
storytelling dengan materi lain, pengguna media diharapkan memiliki jaringan
internet yang kuat dan penelitian media digital storytelling berbasis kinemaster
lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Digital Storytelling, Kinemaster, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 03:07
Last Modified: 11 Jan 2025 03:07
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item
View Item