PENGEMBANGAN MEDIA PEREL (PETA RELIEF) PADA MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KELAS V SEKOLAH DASAR

SAFITRI, DINI NABILLA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEREL (PETA RELIEF) PADA MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206017-DINI NABILLA SAFITRI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206017-DINI NABILLA SAFITRI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206017-DINI NABILLA SAFITRI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206017-DINI NABILLA SAFITRI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206017-DINI NABILLA SAFITRI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206017-DINI NABILLA SAFITRI-BAB 5.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN Putat Lor 1 Gondanglegi.
Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yaitu keterbatasan
ketersediaan media pembelajaran yang disajikan sehingga sebagian besar materi
ditransformasikan melalui buku pegangan siswa (tematik). Oleh karena itu, tujuan
penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran PEREL (Peta
Relief) yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD (Research and Development).
Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE. Produk
yang dikembangkan yaitu media pembelajaran PEREL (Peta Relief). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Putat Lor 1 yang berjumlah 19
siswa. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara,
angket, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PEREL layak digunakan
sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 100% dengan
kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 87% dengan kriteria sangat
layak, respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar mendapat presentase
sebesar 82% dan 80,5% dengan kriteria layak. Persentase peningkatan hasil
belajar siswa menggunakan perhitungan klasikal pada kelompok kecil sebesar
80%, pada kelompok besar sebesar 74%. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa media PEREL dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media PEREL, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 03:16
Last Modified: 11 Jan 2025 03:16
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item
View Item