HUSNAIN, FARIIHATUL (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MAJALAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS 5 SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206020-FARIHATUL HUSNAIN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206020-FARIHATUL HUSNAIN-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206020-FARIHATUL HUSNAIN-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206020-FARIHATUL HUSNAIN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206020-FARIHATUL HUSNAIN-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206020-FARIHATUL HUSNAIN-BAB 5.pdf
Download (323kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengembangkan media majalah
matematika dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk SD/MI
kelas V, (2) Untuk mengetahui kelayakan media majalah matematika dalam
pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk SD/MI kelas V, (3) Untuk
meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Permanu.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research
and Development (R&D), dimana penelitian ini menghasilkan sebuah produk
tertentu untuk menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Metode penelitian
ini
menggunakan model pengembangan Analysis Design Development
Implementation Evaluation (ADDIE). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V
SD Negeri 1 Permanu. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian
menggunakan validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media majalah matematika layak
dijadikan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran
para ahli materi dan ahli media. Kelayakan media dapat dibuktikan melalui hasil
dari validasi ahli media dengan mendapatkan hasil skor 96,7% dan validasi dari ahli
materi dengan mendapatkan hasil skor 95,71%, maka dapat dikatakan bahwa media
majalah matematika ini berkualifikasi valid tanpa adanya revisi. Hasil rata-rata
hitung yang diperoleh pada angket minat belajar sebelum menggunakan media
majalah matematika yaitu 53,9 % termasuk dalam kategori “cukup” dan hasil rata
rata hitung sesudah menggunakan media majalah matematika yaitu 77,5% termasuk
dalam kategori “baik”. oleh karena itu, media pembelajaran majalah matematika
adalah layak dan valid digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Majalah Matematika, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 03:37 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 03:37 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/772 |