YUNITA, FITRIA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION AND CREATIVE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KADEMANGAN 02. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206021-FITRIA YUNITA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206021-FITRIA YUNITA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206021-FITRIA YUNITA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206021-FITRIA YUNITA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206021-FITRIA YUNITA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206021-FITRIA YUNITA-BAB 5.pdf
Download (549kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran Education and
Creative Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 6 “Cita-citaku”
subtema 2 pembelajaran 1 mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV di SDN
Kademangan 02; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Education and Creative
Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 6 “Cita-citaku” subtema 2
pembelajaran 1 mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV di SDN Kademangan 02; 3)
mengetahui apakah media Education and Creative Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model
pengembangan penelitian ini mengacu pada Borg and Gall. Pengembangan media pembelajaran
melaui 9 tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,
revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Untuk validasi
desain dilakukan oleh validasi ahli media, ahli materi dan angket respons siswa. Uji coba produk
dilakukan melalui 2 tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dengan subjek lima orang siswa dan uji
coba kelompok besar dengan subjek lima belas orang siswa/ seluruh siswa. Subjek uji coba produk
adalah siswa kelas IV SDN Kademangan 02. Data dikumpulkan melalui angket pada saat uji coba
serta hasil tes soal ranah kognitif C1-C4. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis
deskriptif. N-gain dihitung untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Education and Creative Crossword Puzzle
untuk meningkatkan hasil belajar termasuk kategori “sangat baik” ditinjau dari aspek tampilan dan
aspek content. Aspek tampilan merupakan penilaian dari segi desain, bentuk dan pewarnaan,
sedangkan aspek content merupakan penilaian dari segi kesesuaian materi yang disajikan dengan
kurikulum, kompetensi, dan karakteristik siswa kelas IV SDN Kademangan 02. Hasil validasi ahli
media menunjukkan bahwa aspek tampilan termasuk kategori “Sangat layak” dengan rata-rata skor
100% dan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa aspek content termasuk kategori “Sangat
layak” dengan rata-rata skor 97%. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa rata-rata
skor 78,4 dengan kriteria “baik” sedangkan pada uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa
rata-rata skor 80,13 dengan kriteria “sangat baik”. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai
N-gain memperoleh nilai 0,48 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran Education and Creative Crossword Puzzle Sangat layak digunakan dalam kegiatan
pembelajaran IPA di SDN Kademangan 02.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Education and Creative Crossword Puzzle, Hasil Belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 03:39 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 03:39 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/773 |