CHAIRANI, KAMILA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PGSD-1786206029-KAMILIA CHAIRANI-BAB 1.pdf
Download (2MB)
SKRIPSI-PGSD-1786206029-KAMILIA CHAIRANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
SKRIPSI-PGSD-1786206029-KAMILIA CHAIRANI-BAB 5.pdf
Download (580kB)
Abstract
Proses pembelajaran merupakan sebuah proses komunikasi yang terjalin
antara guru dan siswa, dimana siswa merupakan pribadi individu yang sedang
berusaha mencapai tingkat pengetahuan yang lebih baik. Penggunaan media
pembelajaran merupakan solusi bagi guru untuk membantu para siswa lebih aktif
selama proses pembelajaran yang dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini
yaitu (1) Mengetahui kelayakan media interaktif dengan aplikasi adobe flash pada
materi bangun ruang kelas V SD, dan (2) Mengetahui keberhasil media interaktif
dengan adobe flash dalam meningkatkan hasil belajarkognitif.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian disini yaitu penelitian
pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan
model pengembangan Borg and Gall tipe eksperimen before-after. Subjek yang
digunakan di dalam penelitian ini merupakan 6 orang siswa kelas V SD yang ada
di lingkungan tempat penelitian pada uji kelompok kecil dan seluruh siswa kelas
V SD yang berada di SDN. 01 Jatikerto yang berjumlah 43 siswa pada uji
kelompok besar. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan angket
dan soal tes (before-after treatmen). Selanjutnya teknik analisis data yang
digunakan untuk menentukan kelayakan media interaktif dan keberhasilan
peningkatan hasil belajar kognitif adalah teknik deskriptif kuantitatif dan
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media interaktif dengan
menggunakan aplikasi adobe flash yang telah dikembangkan, telah diujikan
kepada validator ahli dengan hasil 97% dari ahli media dan 80% dari ahli materi.
Hasil yang diperoleh dari respons para siswa pun cukup baik dengan hasil 78%
yang diperoleh dari uji kelompok kecil dan 84% dari uji kelompok besar,
sehingga disimpulkan bahwa media interaktif yang dikembangkan layak untuk
digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Hasil belajar kognitif siswa mengalami
peningkatan, ditunjukkan dengan hasil tes before-after yang mengalami
peningkatan 16% pada uji kelompok kecil dan hasil tes (before-after) uji
kelompok besar yang mengalami peningkatan sebanyak 13%. Berdasarkan data
data yang telah diperoleh, maka disimpulkan bahwa media interaktif yang sedang
dikembangkan bukan hanya layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran
akan tetapi juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Adobe Flash, dan Hasil Belajar Kognitif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 04:00 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 04:00 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/775 |