PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 2 SDN 3 KADEMANGAN

RAHAYU, LILIK INDAH (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 2 SDN 3 KADEMANGAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206033-LILIK INDAH RAHAYU-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206033-LILIK INDAH RAHAYU-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206033-LILIK INDAH RAHAYU-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206033-LILIK INDAH RAHAYU-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206033-LILIK INDAH RAHAYU-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206033-LILIK INDAH RAHAYU-BAB 5.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui kelayakan instrument soal materi operasi hitung
bilangan bulat untuk meningkatkan literasi numerasi, (2) Mengetahui hasil siswa terhadap
instrument soal, (3) Mengetahui hasil pengembangan instrument soal materi operasi hitung bilangan
bulat untuk meningkatkan literasi numerasi siswa Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research and
Development (R&D) yang terdiri atas 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain
Produk, 4) Validasi Produk, 5) Perbaikan produk, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba
pemakaian, 9) Revisi Produk, 10). Produksi. Penelitian ini dimana menghasilkan sebuah produk
tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan
model pengembangan Brog and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 3
Kademangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pretes dan
postes, dokumentasi, wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument soal tersebut layak untuk diuji cobakan
dengan melakukan revisi berdasarkan saran para ahli materi. Rata-rata kelayakan yang diberikan
oleh ahli materi yaitu 96% dengan kualifikasi “Sangat Layak” diujicobakan untuk siswa Sekolah
Dasar. Rata-rata respon siswa terhadap media yang diberikan oleh kelompok kecil 92% dengan
kualifikasi “sangat baik” dan oleh kelompok besar 95% dengan kualifikasi “Sangat Layak”. Hasil
uji coba pada kelompok besar mengalami peningkatan yakni pada rata-rata pretes 69 dan postest
89. Hasil uji coba kelompok besar nilai ketuntasan 50% pada pretes dengan menunjukkan kualifikasi
tidak tuntas dan 100% pada posttest dengan kualifikasi tuntas, sehingga ada perbedaan sebelum dan
sesudah menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan,
Instrumen Soal tersebut layak digunakan dan dapat meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 2
Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen soal, Literasi Numerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:02
Last Modified: 11 Jan 2025 04:02
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item
View Item