AINUMILA, LINA INDI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POPIT RAYA (POWER POINT KERAGAMAN BUDAYA) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUB TEMA 2 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PGSD-1586206034-LINA INDI AINUMILA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
SKRIPSI-PGSD-1586206034-LINA INDI AINUMILA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
SKRIPSI-PGSD-1586206034-LINA INDI AINUMILA-BAB 5.pdf
Download (463kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui kevalidan Media pembelajaran interaktif
POPIT RAYA (Power point Keragaman Budaya) Tema 7 Subtema 2 Untuk meningkatkan literasi
budaya dan kewargaan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, (2) Mengetahui respon siswa terhadap
Media, (3) Mengetahui hasil pengembangan Media pembelajaran interaktif POPIT RAYA (Power
point Keragaman Budaya)Tema 7 subtema 2 Untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan
Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research and
Development (R&D), dimana penelitian ini menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji
kevalidan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan
Brog and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Permanu. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan angket dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif POPIT RAYA
(Power point Keragaman Budaya) valid sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi
berdasarkan saran para ahli materi dan ahli media. Rata-rata kevalidan yang diberikan oleh ahli
media yaitu 96% dengan kualifikasi ―Sangat Valid‖ dan rata-rata kevalidan yang diberikan oleh
ahli materi yaitu 93% dengan kualifikasi ―Sangat Valid‖ digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata
respon siswa terhadap media yang diberikan oleh kelompok kecil 92% dengan kualifikasi ―sangat
baik‖ dan oleh kelompok besar 95% dengan kualifikasi ―Sangat Valid‖. Hasil uji coba pada
kelompok besar mengalami peningkatan yakni pada rata-rata pretes 69 dan postest 89. Hasil uji
coba kelompok besar nilai ketuntasan 50% pada pretes dengan menunjukkan kualifikasi tidak
tuntas dan 100% pada posttest dengan kualifikasi tuntas, sehingga ada perbedaan sebelum dan
sesudah menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan yang
dilaksanakan, media pembelajran interaktif power point tema 7 subtema 2 valid digunakan dan
dapat meningkatkan literasi budaya dan kewargaan siswa kelas 4 Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif Power point, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 04:03 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 04:03 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/779 |