PENGEMBANGAN MEDIA VILUR (VIDEO PEMBELAJARAN SIKLUS AIR) PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Kustanti, Octavia Mia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VILUR (VIDEO PEMBELAJARAN SIKLUS AIR) PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206046-OCTAVIA MIA KUSTANTI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206046-OCTAVIA MIA KUSTANTI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206046-OCTAVIA MIA KUSTANTI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206046-OCTAVIA MIA KUSTANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206046-OCTAVIA MIA KUSTANTI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206046-OCTAVIA MIA KUSTANTI-BAB 5.pdf

Download (525kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui kelayakan Media Video
Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tema 8 Subtema 1 Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar, (2) Mengetahui respon siswa
terhadap media, (3) Mengetahui Hasil Pengembangan Media Vilur (Video
Pembelajaran Siklus Air) Pada Mata Pelajaran IPA Tema 8 Subtema 1 Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian Research and
Development (R&D) menurut Sugiyono dengan 10 tahapan: (1) Potensi
dan Masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain Produk; (4) Validasi
Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk;
(8) Uji Coba Pemakaian; (9) Revisi Produk; serta (10) Produksi
Masal (tidak dilakukan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah teknik tes tulis, dokumentasi, wawancara dan angket, dimana
penelitian ini mengahsilkan sebuah produk tertentu dan menguji kevalidan produk
yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan
Brog and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 7
Donomulyo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran layak
sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi dari ahli media dan ahli
materi. Kelayakan dan keefektifan yang diberikan dari hasil validasi ahli materi
yaitu 76%, ahli media yaitu 81% serta hasil angket respon siswa yaitu 93%. Hal
ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak dan valid digunakan
untuk meningkatkan literasi sains siswa, ini dibuktikan dengan peningkatan hasil
belajar siswa pada uji coba kelompok besar sebanyak 50%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:14
Last Modified: 11 Jan 2025 04:14
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item
View Item