Ayurani, Romita Sari (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 2 MATERI PENGUKURAN BERAT DI SDI NU LAWANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PGSD-1786206050-ROMITA SARI AYURANI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI-PGSD-1786206050-ROMITA SARI AYURANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
SKRIPSI-PGSD-1786206050-ROMITA SARI AYURANI-BAB 5.pdf
Download (394kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi berbasis
Powtoon yang layak dan bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas
2 SDI NU Lawang pada tema 6 subtema 3 materi pengukuran berat melalui video
animasi berbasis Powtoon.
Metode penelitian yang dipakai adalah Research and Development dengan
tahapan pengembangan produk menggunakan model ADDIE yaitu Analisis,
Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa diukur berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis Ennis
yang terdiri dari 5 tahap yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun
ketrampilan dasar, membuat kesimpulan, membuat penjelasan lebih lanjut, dan
menentukan strategi dan taktik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, tes tertulis (pretest dan posttest), wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan melalui analisis data angket validasi oleh ahli media, ahli
materi I, ahli materi II, guru, angket (respon) siswa, dan analisis data instrumen
kemampuan berpikir kritis (pretest dan posttest) serta penghitungan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi berbasis Powtoon telah
layak untuk digunakan pada tema 6 subtema 3 materi pengukuran berat di kelas 2
SDI NU Lawang. Hal ini bisa dilihat dari hasil validasi ahli media sebesar 88,7 %
dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi dari ahli materi I dan ahli
materi II diperoleh rata-rata yaitu 79,1% dengan kategori baik. Hasil validasi media
oleh guru sebesar 100 % dengan kategori sangat baik dan hasil angket (respon)
siswa secara keseluruhan rata-ratanya sebesar 89 % dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan rata-rata nilai pretest siswa adalah 59,32 dan rata-rata nilai posttest
siswa adalah 88,64 terdapat kenaikan yang signifikan serta penghitungan N-Gain
diperoleh hasil sebesar 0,72 dan termasuk kategori tinggi sehingga penggunaan
video animasi berbasis Powtoon ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa kelas 2B SDI NU Lawang pada tema 6 subtema 3 materi
pengukuran berat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi Berbasis Powtoon, Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Pengukuran Berat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 04:20 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 04:20 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/788 |