PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DI PLATFORM SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA SMK MUTU

Sobichah, Nurnaila Daris (2025) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DI PLATFORM SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA SMK MUTU. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1673201027-NURNAILA DARIS SOBICHAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1673201027-NURNAILA DARIS SOBICHAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1673201027-NURNAILA DARIS SOBICHAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1673201027-NURNAILA DARIS SOBICHAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1673201027-NURNAILA DARIS SOBICHAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1673201027-NURNAILA DARIS SOBICHAH-BAB 5.pdf

Download (429kB)

Abstract

Kemudahan akses informasi bisa dibilang sebagai salah satu cara
terpenting, sehingga internet bisa mengubah cara belanja tradisional (bertatap
muka langsung) menjadi berbelanja online, tidak perlu keluar rumah dan
menghadapi panasnya jalanan, ramainya pasar, dan antri yang panjang jika
ingin membeli suatu barang, hanya dengan bermodalkan internet dan gadget
transaksi jual beli menjadi sangat mudah. (Bivisyani Questibrillia, 2020).
Banyaknya kemudahan dalam mengakses internet berpengaruh pada
meningkatnya jumlah konsumen yang disebabkan oleh promosi penjualan
yang ditawarkan, dibalik segala kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan
timbul pula kekhawatiran akan timbulnya perilaku konsumtif. Perilaku
konsumtif adalah suatu perilaku pembelian yang tidak lagi didasarkan atas
kebutuhan atau pertimbangan yang rasional, melainkan membeli produk atau
jasa tertentu untuk memperoleh kesenangan semata atau untuk tujuan gengsi
dan menaikkan status sosial (Sumartono, 2002).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis regresi.
Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan
subjek berjumlah 38 siswa di SMK Mutu. Metode pengambilan data
menggunakan skala promosi penjualan sebagai variabel X dan skala perilaku
konsumtif sebagai variabel Y, yang kedua skala tersebut telah diuji
validitasnya dengan reliabilitas sebesar 0,879 untuk promosi penjualan dan
0,891 untuk perilaku konsumtif. Analisis data menggunakan analisis regresi
sederhana dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil analisis regresi
menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari promosi
penjualan terhadap perilaku konsumtif (F = 15,736, sig = 0,000 < 0,05).
Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak promosi penjualan yang diadakan
maka akan semakin tinggi pula perilaku konsumtif siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Promosi Penjualan, Perilaku Konsumtif, Remaja
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:28
Last Modified: 13 Jan 2025 03:28
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item
View Item