UPAYA GURU DALAM MEMPERBAIKI AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUSSALAM BANJAREJO PAGELARAN MALANG

HANIFAH, HANIFAH (2025) UPAYA GURU DALAM MEMPERBAIKI AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUSSALAM BANJAREJO PAGELARAN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010175-HANIFAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010175-HANIFAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010175-HANIFAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010175-HANIFAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010175-HANIFAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010175-HANIFAH-BAB 5.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji “Upaya Guru Dalam Memperbaiki
Akhlak Siswa Madrasah Stanawiyah Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang”.
Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam proses pembinaan, perbaikan akhlak
sangatlah dibutuhkan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya
guru dalam memperbaiki akhlak siswa di Madrasah Stanawiyah Babussalam
Banjarejo Pagelaran Malang?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui Bagaimana Upaya apa saja yang di lakukan guru dalam memperbaiki
akhlak siswa madrasah stanawiyah babussalam banjarejo pagelaran malang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti berangkat ke lapangan
untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci, dan mendalam pada
kasus yang terjadi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan
analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterprestasikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang
sebenarnya.
Hasil dari penelitian ini adalah upaya guru dalam memperbaiki akhlak siswa
yang peneliti temukan dalam penelitian ini,yaitu: Pertama, Guru harus lebih
memahami dan betul-betul memperhatikan perkembangan peserta didik terutama
dalam hal akhlak.Kedua,Karena tidak semua pembinaan tidak bisa di laksanakan
dengan spontan maka upaya selanjutnya yang dilakukan guru adalah mengkonsep
kegiatan tersebut agar benar-benar bisa menanam kan perilaku yang baik pada
siswa. Karena apabila tidak terkonsep sebaik mungkin maka yang ditakutkan adalah
kegiatan tersebut akan hambar dan sia-sia atau tidak sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan,Memperbaiki Akhlak siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:51
Last Modified: 31 Jan 2025 02:51
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item
View Item