PENGEMBANGAN MEDIAVIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS FILM PENDEK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA KLEPU

Aini, Reza Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIAVIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS FILM PENDEK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA KLEPU. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-208642600022-REZA NUR AINI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-208642600022-REZA NUR AINI-BAB 1.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-208642600022-REZA NUR AINI-BAB 2-5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-208642600022-REZA NUR AINI-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-208642600022-REZA NUR AINI-BAB 6.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-208642600022-REZA NUR AINI-BAB 6.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran, media masih belum
banyak begitu diterapkan. Seringkali pembelajaran masih menggunakan metode
konvensional yaitu ceramah dan penugasan, akibatnya di kelas banyak peserta didik
yang merasa jenuh dan bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu
faktor guru yang minim teknologi. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti
mengembangkan media video pembelajaran animasi berbasis film pendek agar
kemampuan dan minat belajar siswa meningkat.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana proses
mengembangkan media video pembelajaran animasi berbasis film pendek pada
mata pelajaran Matematika materi pecahan kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul
Huda Klepu ? sedangkan tujuannya untuk mengetahui proses mengembangankan
media video pembelajaran animasi berbasis film pendek pada mata pelajaran
Matematika materi pecahan kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Darul Huda Klepu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (development and research) model 4D dengn langkah-langkahnya
terdiri dari pendefinisian, desian, pengembangan dan diseminasi. Dalam
pengembangan ini melalui 4 tahapan besar yaitu tahap Define, Tahap Design, Tahap
Develop, dan Tahap Disseminate. Dengan subjek uji coba siswa Madrasah
Ibtidaiyah Darul Huda Klepu kelas IV sebanyak 18 siswa serta terdapat 2 pakar
yang terlibat dalam produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dokumentasi,angket, hasil tes dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran layak
sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi dari ahli media dan ahli
materi. Kelayakan dan keefektifan yang diberikan dari hasil validasi ahli materi
yaitu 95%, ahli media yaitu 85% serta hasil angket respon siswa yaitu 94%. Hal ini
dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak dan valid digunakan untuk
meningkatkan kemampuan dan minat belajar siswa, ini dibuktikan dengan
peningkatan hasil belajar siswa pada uji coba kelompok besar sebanyak 50%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video pembelajaran, animasi berbasis Film pendek, Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:44
Last Modified: 27 Feb 2025 03:44
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item
View Item