PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TOURNAMEN) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI

Yhasmin, Aminah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TOURNAMEN) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206036-AMINAH YHASMIN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206036-AMINAH YHASMIN-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206036-AMINAH YHASMIN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206036-AMINAH YHASMIN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206036-AMINAH YHASMIN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206036-AMINAH YHASMIN-BAB 5.pdf

Download (396kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan kolaborasi
siswa berdasarkan data wawancara dengan guru dan pengamatan siswa kelas IVA
SD Anak Sholeh Full Day Sitiarjo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan kolaborasi materi IPA untuk siswa kelas IV SD Anak Sholeh Full
Day dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT).
Selain meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT, peneliti juga mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Anak Sholeh Full Day
Sitiarjo yang berjumlah 20 siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Objek penelitian
adalah keterampilan kolaborasi dan hasil belajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pedoman wawancara, lembar pengamatan keterampilan kolaborasi siswa dan
game turnamen. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan
kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar materi IPA siswa kelas IVA SD Anak
Sholeh Full Day dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament
(TGT). Hal tersebut ditunjukkan pada peningkatan nilai rata-rata kondisi awal
keterampilan kolaborasi siswa yaitu 49,23 dengan kriteria cukup kolaboratif,
siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata 66,73 dan mencapai kriteria
kolaboratif, serta siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 77,69 dengan
kriteria kolaboratif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan kolaborasi, model pembelajaran kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:00
Last Modified: 27 Feb 2025 04:00
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item
View Item