HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN KEPANJEN TAHUN AJARAN 2021/2022

Rahmawati, Anisa (2025) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN KEPANJEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206024-ANISA RAHMAWATI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206024-ANISA RAHMAWATI-BAB 1.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206024-ANISA RAHMAWATI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206024-ANISA RAHMAWATI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206024-ANISA RAHMAWATI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206024-ANISA RAHMAWATI-BAB 5.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional
siswa,
tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan
hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah
matematika pada siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Kepanjen Tahun Ajaran
2021/2022.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Gugus V Kecamatan Kepanjen yang berjumlah 183 siswa. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80
siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner.
Teknik analisis menggunakan korelasi Pearson product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tingkat kecerdasan
emosional siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Kepanjen Tahun Ajaran
2021/2022 sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 62,5%.
Kedua, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD
Gugus V Kecamatan Kepanjen Tahun Ajaran 2021/2022 sebagian besar berada
pada kategori tinggi dengan persentase 52,5%. Ketiga, hasil analisis software
pengolahan data statistik yaitu SPSS (Statisitical Program For Social Science)
versi 16.0 for windows diperoleh nilai rxy > nilai r tabel (0,386 > 0,286). Sementara
nilai signifikansi hasil analisis SPSS 16.0
nilai taraf signifikansi 0,01(0,000 .
0,01). Sehingga Ha diterima, atau terdapat hubungan yang signifikan antara
kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada
siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Kepanjen Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:00
Last Modified: 27 Feb 2025 04:00
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item
View Item