Innisa, Esti Luluk (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206011-ESTI LULUK INNISA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206011-ESTI LULUK INNISA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206011-ESTI LULUK INNISA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206011-ESTI LULUK INNISA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206011-ESTI LULUK INNISA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206011-ESTI LULUK INNISA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar tematik siswa kelas III SDN 2 Palaan. Faktor yang mempengaruhi rendahnya keaktifan belajar siswa yaitu: 1) dampak pembelajaran daring akibat
pandemi Covid-19 yang harus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran; 2) keterbatasan media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media interaktif berbasis Quizizz untuk
meningkatkan keakifan belajar tematik siswa siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu media interaktif berbasis Quizizz. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas III SDN 2 Palaan yang berjumlah 26 siswa. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Quizizz layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 100% dengan
kriteria sangat layak, respon guru sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar mendapat presentase sebesar
98% dan 97% dengan kriteria sangat layak. Media interaktif berbasis Quizizz dapat meningkatkan keaktifan belajar tematik siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil angket
before-after dan hasil observasi. Hasil angket before kelompok kecil sebesar 43%, hasil after sebesar 76% dengan peningkatan 33%, sedangkan hasil angket before
kelompok besar 49% dan hasil after 78% dengan peningkatan 29% serta hasil observasi keaktifan belajar memperoleh persentase sebesar 76% dengan kategori
keaktifan belajar “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Quizizz dapat meningkatkan keaktifan
belajar tematik siswa kelas III Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media interaktif, Quizizz, Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:06 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:06 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1050 |