Fatimah, Fajar Sekar (2025) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL IPA BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206025-FAJAR SEKAR FATIMAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206025-FAJAR SEKAR FATIMAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206025-FAJAR SEKAR FATIMAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206025-FAJAR SEKAR FATIMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206025-FAJAR SEKAR FATIMAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206025-FAJAR SEKAR FATIMAH-BAB 5.pdf
Download (655kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Rendahnya kemampuan literasi sains siswa kelas 5
Sekolah Dasar diakibatkan banyak faktor, diantaranya yaitu tidak tersedianya sarana dan prasarana laboratorium IPA di sekolah sehingga siswa tidak dapat
melakukan kegiatan praktikum secara maksimal. Mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media laboratorium virtual IPA berbasis flipbook untuk
meningkatkan literasi sains siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Adapun rumusan masalah penelitian adalah: 1) bagaimana kevalidan dan kelayakan pengembangan
laboratorium virtual IPA berbasis flipbook untuk meningkatkan literasi sains siswa
kelas 5 Sekolah Dasar? 2) bagaimana peningkatan literasi sains siswa kelas 5
Sekolah Dasar setelah diterapkan laboratorium virtual IPA berbasis flipbook?.
Adapun tujuannya yaitu: 1) untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan
pengembangan laboratorium virtual IPA berbasis flipbook untuk meningkatkan
literasi sains siswa kelas 5 Sekolah Dasar, 2) untuk mengetahui peningkatan literasi
sains siswa kelas 5 Sekolah Dasar setelah diterapkan laboratorium virtual IPA
berbasis flipbook.
Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD. Penelitian dilakukan
berdasarkan tahapan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis (tahap analisis), 2) Design
(tahap desain), 3) Development (tahap pengembangan), 4) Implementation (tahap
implementasi), dan 5) Evaluation (tahap evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu
lembar observasi, wawancara, angket, dan tes soal yang terliterasi sains dengan
teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil yang didapatkan dari validasi ahli materi yaitu sebesar 89,58% dengan
kategori valid atau layak. Presentase hasil validasi media yaitu 100% dengan
kategori sangat valid atau sangat layak. Kelayakan media berdasarkan hasil angket
respon siswa pada uji coba kelompok kecil sebesar 89,67% dan kelompok besar
sebesar 84,94%, hasil tersebut termasuk dalam kategori baik. Maka dapat dikatakan
bahwa media laboratorium virtual IPA berbasis flipbook valid dan layak digunakan.
Peningkatan literasi sains siswa kelas 5 Sekolah Dasar diperoleh dari hasil
perhitungan uji gain (N-Gain). Hasil uji gain kelompok kecil yaitu 0,85 dan
kelompok besar yaitu 0,75. Klasifikasi dari hasil perhitungan uji gain pada
kelompok kecil maupun besar masuk dalam kategori tinggi, artinya kemampuan
literasi sains siswa kelas 5 Sekolah Dasar meningkat setelah menggunakan media
laboratorium virtual IPA berbasis flipbook.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium Virtual IPA, flipbook, literasi sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:11 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:11 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1051 |