Mardiansah, Fikri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206005-FIKRI MARDIANSYAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206005-FIKRI MARDIANSYAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206005-FIKRI MARDIANSYAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206005-FIKRI MARDIANSYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206005-FIKRI MARDIANSYAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206005-FIKRI MARDIANSYAH-BAB 5.pdf
Download (253kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya
keaktifan belajar tematik siswa kelas 3 SD Negeri 2 Kebobang. Faktor yang
mempengaruhi rendahnya keaktifan belajar siswa yaitu: 1) dampak pembelajaran
daring akibat pandemi Covid-19 yang harus mengoptimalkan pemanfatan
teknologi sebagai media pembelajaran; 2) keterbatasan media pembelajaran yang
digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media interaktif
berbasis Kahoot untuk meningkatkan keaktifan belajar tematik siswa. Penelitian
ini sudah dilakukan menggunakan jenis penelitian RnD (Research and
Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang
dikembangkan yaitu media interaktif berbasis Kahoot. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas 3 SD Negeri 2 Kebobang yang berjumlah 17 siswa. Teknik dan
instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Kahoot
layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar
100% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 100% dengan
kriteria sangat layak, respon guru sebesar 100% dengan kriteria sangat layak,
respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar mendapat presentase sebesar
98% dan 97% dengan kriteria sangat layak. Uji coba kelompok kecil dilakukan
sebagai langkah untuk mengetahui kelayakan media Kahoot untuk pembelajaran
tematik. Media interaktif berbasis Kahoot dapat meningkatkan keaktifan belajar
tematik siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil angket before-after dan hasil
observasi. Hasil angket before kelompok besar 47% dan hasil after 89% dan hasil
observasi keaktifan belajar memperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori
keaktifan belajar “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat
disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Kahoot dapat meningkatkan
keaktifan belajar tematik siswa kelas 3 Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media interaktif, Kahoot, Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:22 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:22 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1053 |