Mauliddiyah, I’in Cahya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME LUDO DAN LINK (GAUL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR PADA ERA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206015-I'IN CAHYA MAULIDDIYAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206015-I'IN CAHYA MAULIDDIYAH-BAB 1.pdf
Download (737kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206015-I'IN CAHYA MAULIDDIYAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206015-I'IN CAHYA MAULIDDIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206015-I'IN CAHYA MAULIDDIYAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206015-I'IN CAHYA MAULIDDIYAH-BAB 5.pdf
Download (338kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemic covid-19, sehingga pembelajaran dilakukan secara daring, tetapi pada tangal 21 September 2021 pembelajaran dilakukan secara tatap muka terbatas. Dengan peralihan pembelajaran
dan keterbatasan waktu yaitu 2 jam pembelajaran hasil belajar siswa menurun sebanyak 55%. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahu kevalidan media pembelajaran GAUL pada kelas 2 SDN 1 Sukoraharjo, untuk mengetahui
kelayakan media pembelajaran GAUL pada kelas 2 SDN 1 Sukoraharjo dan untuk mengetahui apakah media GAUL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa
kelas 2 SDN 1 Sukoraharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
pendekatan kulaitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE.
Prosedur pengembangan ADDIE meliputi: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket validasi, angket respon siswa, dan tes hasil
belajar. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: Pengembangan media pembelajaran GAUL valid digunakan dalam pembelajaran. Kevalidan dapat
dilihat dari hasil validasi ahli materi sebesar 100% dengan kualifikasi sangat layak, validator ahli materi sebesar 97% dengan kualifikasi sangat baik. Respon siswa
kelompok kecil mendapat presentase sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran media GAUL layak digunakan sebagai media pembelajaran
pada tema 5 pengelamanku subtema 2 pengalamanku di sekolah pembelajaran 1. Media GAUL dapat meningtkatkan hasil belajar siswa dengan hasil hasil peningkatan kelompok kecil secara klasikal meningkat sebanyak 80% dari nilai
pretest dan nilai posttest 80%, peningkatan hasil belajar klasikal pada kelompok besar meningkat sebanyak 88% dari nilai pretest 12% dan nilai posttest 100%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Game Ludo dan Link (GAUL), Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:23 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:23 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1054 |