PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID (QUIZIZZ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD DI MASA COVID-19

Warda, Khoridatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID (QUIZIZZ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD DI MASA COVID-19. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206009-KHORIDATUL WARDA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206009-KHORIDATUL WARDA-BAB 1.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206009-KHORIDATUL WARDA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206009-KHORIDATUL WARDA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206009-KHORIDATUL WARDA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206009-KHORIDATUL WARDA-BAB 5.pdf

Download (544kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media
pembelajaran peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 3
Ringinsari. Faktor yang mempengaruhi kurangnya media pembelajaran,
keterbatasan media pembelajaran, guru yang kurang bisa memahami komputer
dan pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk berupa media pembelajaran berbasis android Quizizz Tema 8 Subtema 2
yang Layak untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) Reach and
Development dengan menggunakan model pembelajaran ADDIE. Produk yang
dikembangkan yaitu Media Pembelajaran Quizizz berbasis android. Subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 3 Ringinsari yang berjumlah
15 peserta didik. Teknik dan instrumen yang di gunakan adalah wawancara,
observasi, angket, tes, wawancara kemampuan berpikir kreatif dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz berbasis android layak
digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 84%
dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 98% dengan kriteria
sangat layak, dan validasi ahli praktisi sebesar 84% dengan kriteria sangat layak,
respon siswa kelompok kecil sebesar 82% dengan kriteria sangat baik. Media
pembelajaran Quizizz dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, hal ini
dapat dilihat dari hasil Pretest- Postest. Presentase peningkatan kemampuan
berpikir kreatif peserta didik menggunakan perhitungan klasikal pada kelompok
kecil sebesar 40% pada kelompok besar sebesar 100%, sedangkan hasil
wawancara before kelompok besar 57% dan hasil after 91% dan memperoleh
presentase kenaikan 34% dengan kategori “ Sangat Baik”. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Quizizz berbasis android
efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V
Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:24
Last Modified: 27 Feb 2025 04:24
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item
View Item