Anggraita, Luruh (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY 365 TEMA 8 UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206006-LURUH ANGGRAITA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206006-LURUH ANGGRAITA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206006-LURUH ANGGRAITA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206006-LURUH ANGGRAITA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206006-LURUH ANGGRAITA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206006-LURUH ANGGRAITA-BAB 5.pdf
Download (529kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan
belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Klepu. Faktor yang mempengaruhi rendahnya
keaktifan belajar siswa yaitu dampak pandemi covid-19 yang mengakibatkan guru
harus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran,
keterbatasan media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengembangkan media Microsoft Sway 365 untuk meningkatkan keaktifan
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development
(R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang
dikembangkan yaitu media Microsoft Sway 365. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Klepu yang berjumlah 25 siswa. Teknik dan
instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Microsoft Sway 365 layak
digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 98%
dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 100% dengan kriteria
sangat layak, respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar mendapat
presentase sebesar 90% dan 90% dengan kriteria sangat layak. Media Microsoft
Sway 365 dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari
hasil observasi before-after. Hasil observasi before kelompok besar 40% dan hasil
after sebesar 83% dengan peningkatan 43% dalam kategori aktif. Berdasarkan
hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Microsoft Sway
365 dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Microsoft Sway 365, Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:27 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:27 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1057 |