Putri, Tinta Arinda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR “LuBaDa” INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 3 WONOKERSO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206008-TINTA ARINDA PUTRI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206008-TINTA ARINDA PUTRI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206008-TINTA ARINDA PUTRI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206008-TINTA ARINDA PUTRI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206008-TINTA ARINDA PUTRI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206008-TINTA ARINDA PUTRI-BAB 5.pdf
Download (551kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik
pada pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso. Adapun tujuan
penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kelayakan dan kevalidan media
interaktif “LuBaDa” dalam pembelajaran matematika materi bangun datar siswa
kelas IV SD Negeri Wonokerso 3. (2) Untuk meningkatkan minat belajar siswa
kelas IV SD Negeri Wonokerso 3.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode Research and
Development (R&D), dimana peneliti ini menghasilkan sebuah produk tertentu
untuk menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini
menggunakan
model pengembangan Analiysis Design Development
Implementation Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri 3 Wonokerso. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti
menggunakan validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif “LuBaDa” layak
dijadikan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran
para ahli materi dan ahli media. Kelayakan media dapat dibuktikan melalui hasil
dari validasi ahli media dengan mendapatkan hasil skor 93,3% dan validasi ahli
materi dengan mendapatkan hasil 95,7%, maka dapat dikatakan bahwa media
interaktif “LuBaDa” ini berkualifikasi valid tanpa adanya revisi. Hasil rata-rata
hitung yang diperoleh pada angket minat belajar sebelum menggunakan media
yaitu 50,8% termasuk dalam kategori “cukup” dan hasil rata-rata hitung sesudah
menggunakan media yaitu 76,5% termasuk dalam kategori “baik”. Oleh karena itu
media pembelajaran Interaktif “LuBaDa” layak dan valid digunakan dalam
pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif Luas Bangun datar “LuBaDa”, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 05:05 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 05:05 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1074 |