RIZAL, ALDI MUHAMMAD (2025) RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA MENGGUNAKAN UNITY DI SDI KARTIKA NAWA TUREN KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-TEKNIK INFORMATIKA-1755202055-ALDI MUHAMMAD RIZAL-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-TEKNIK INFORMATIKA-1755202055-ALDI MUHAMMAD RIZAL-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-TEKNIK INFORMATIKA-1755202055-ALDI MUHAMMAD RIZAL-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-TEKNIK INFORMATIKA-1755202055-ALDI MUHAMMAD RIZAL-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-TEKNIK INFORMATIKA-1755202055-ALDI MUHAMMAD RIZAL-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-TEKNIK INFORMATIKA-1755202055-ALDI MUHAMMAD RIZAL-BAB 5.pdf
Download (403kB)
Abstract
Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk belajar membaca pada
siswa adalah metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM). Dalam game
edukasi belajar membaca tanpa mengeja sebelumnya, dimana pengguna hanya
belajar menebak kata dan menyusun kata. Oleh karena itu, pada penelitian
selanjutnya, akan lebih menarik jika dalam game diberi waktu dan nilai sehingga
siswa lebih tertantang dalam bermain dan tidak membosankan saat belajar.
Kemudian juga ditambahkan animasi yang menarik sehingga dapat meningkatkan
daya ingat siswa untuk menyimpan materi pembelajaran dalam waktu yang lebih
lama dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional. Metode
pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
waterfall. Game edukasi Belajar Membaca Tanpa Mengeja ini menggunakan
Bahasa Pemrograman C++ dan software Unity. Untuk pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil
pengujian menggunakan black box testing dan white box testing menghasilkan
keberhasilan sistem 100% dapat disimpulkan bahwa setiap menu dalam game
edukasi ini dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, berdasarkan hasil uji materi
menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa juga meningkat, hal ini dapat
dilihat dari peningkatan jumlah kata yang dapat dibaca oleh setiap siswa setelah
game edukasi Android diimplementasikan. Dari hasil pengujian yang telah
dipaparkan tersebut, dapat disimpulkan bahwa game edukasi yang dihasilkan
dapat digunakan sebagai alternatif media belajar membaca.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Belajar Membaca, Game Edukasi, Android, Unity, Waterfall |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:39 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:39 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1105 |