Nafisah, Syayidatun and Rasyid, Hamidi (2023) ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM K 13 KE MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS. NUR ILAHI. JIPSOS : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (1). pp. 8-14. ISSN e-ISSN. 3026-1570, p-ISSN. 3026-2089
![[thumbnail of ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM K 13 KE MERDEKA BELAJAR DALAM.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM K 13 KE MERDEKA BELAJAR DALAM.pdf
Download (434kB)
Abstract
Kurikulum merupakan pedoman untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar mencapai tujuan pendidikan, karena pada dasarnya kurikulum merupakan pondasi agar pendidikan selalu
mengalami pembaruan. Maka dari itu kurikulum merdeka lahir dan digagas oleh pemerintah baru yakni kemendikbudristek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peralihan kurikulum, proses adaptasi guru, dan kendala dalam peralihan kurikulum K 13 ke merdeka belajar. Metode yang dipergunakan ialah
metode kualitatif, pada penelitian ini mempergunakan teknik dokumentasi, wawancara mendalam juga observasi. Kesimpulan dari hasil analisis yaitu : kurikulum merdeka belajar di MTs. Nur Ilahi sudah diterapkan mulai tahun ajaran 2022, dengan mempertimangkan beberapa faktor, kemudian
mempersiapkan perangkat ajar. Proses adaptasi guru IPS dilaksanakan dengan menerapkan profil pelajar
pancasila dalam pembelajaran dan mengikuti beberapa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru. Kendala pada peralihan ini terletak pada sumber daya manusia, kemampuan guru, kurangnya akses dalam pembelajaran, serta perbedaan dalam pemahaman, pemikiran dan cara berfikir peserta didik
dalam memahami kurikulum merdeka
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum K 13, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:30 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:30 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1122 |