Holis, Nur and Rasyid, Hamidi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs ZAINUL ULUM. JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (1). pp. 1-9. ISSN e-ISSN. 3026-1570, p-ISSN. 3026-2089
![[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING.pdf
Download (235kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII Mts. Zainul Ulum. Dalam penelitian ini, siswa kelas VII di Mts. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest posttest non ekuivalen. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VII di Mts. Zainul Ulum. Hasil data deskriptif menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII
MTs Zainul Ulum, dengan kelas eksperimen lebih sering menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (rata-rata 83%) dibandingkan kelas kontrol. , yang tidak (dengan nilai rata-rata 63%). Nilai Sig (2-tailed) hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,000 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
teknik online tradisional untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs Zainul Ulum secara signifikan (benar-benar) tidak efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:34 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:34 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1126 |